PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM BINA KELAS DI MI MUHAMMADIYAH 6 NGLEGOK PONOROGO

Batur Rufiah Suryaning Suci, Thoyyi (2020) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM BINA KELAS DI MI MUHAMMADIYAH 6 NGLEGOK PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Suci, Thoyyi Batur Rufiah Suryaning. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Bina Kelas di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo. Skripsi Program S1 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Religius, Bina Kelas Pendidikan merupakan pilar utama bagi kemajuan sebuah bangsa dan negara. Kualitas baik buruknya kehidupan sebuah negera sebanding lurus dengan kualitas pendidikannya. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjadikan manusia yang beriman, bertakwa serta berbudi pekerti luhur. Namun, melihat kondisi sekarang ini, telah banyak pergeseran hakikat makna dalam pendidikan. Era saat ini banyak guru maupun orang tua yang hanya mengunggulkan pada nilai akademik anak saja dan mengabaikan nilai-nilai religius serta mengabaikan pendidikan budi pekerti. Sehingga banyak siswa yang hilang sopan santun kepada guru maupun orang tua, dan perlahan demi perlahan fatalnya menimbulkan banyak kasus kenakalan remaja. Permasalahan ini perlahan mulai terjadi di daerah pedesaan seperti halnya di Nglegok. Melihat kondisi ini MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo kemudian memprogramkan bina kelas sebagai upaya menguatkan kembali karakter religius siswa dengan aneka programnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep serta proses pelaksanaan penguatan karakter religius melalui bina kelas di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo, dan untuk mengetahui hasil bina kelas terhadap kualitas karakter religius siswa di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif. Mendeskripsikan data yang telah diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi serta wawancara. Berdasarkan hasil data tersebut kemudian peneliti analisis menggunakan teori ta’dib Syed Muhammad Naquib al-Attas dan kembangkan sehingga mampu disajikan sebagai karya tulis ilmiah. Hasil dari temuan ini adalah sebagai berikut: bina kelas merupakan pembinaan guru terhadap siswa yan mengacu pada konsep ta’dib Naquib al-Attas yaitu berupa penyampaian ta’dib adab al-haqq atau nilai-nilai tauhid, ta’dib adab al-syariah atau nilai-nilai ibadah syariah, ta’dib adab al-shuhbah atau materi adab, yang dilaksanakan sebelum aktifitas pembelajaran. Dalam prakteknya penanaman karakter melalui bina kelas terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan tahu, tahapan terbiasa, dan tahapan melekat. Melalui keselarasan pendampingan antara guru di sekolah dan orang tua di rumah dalam mendidik ini, maka akan terbentuk karakter religius siswa yang tercermin melalui sikap dan perilaku yang mulia terhadap Allah, diri sendiri maupun orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter Religius, Bina Kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:51
Last Modified: 07 Jan 2021 06:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item