IMPLEMENTASI METODE ASYIFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TFK-TPQ ‘AINUL MARDHIYYAH JETIS PONOROGO

Setyawati, Tutik (2020) IMPLEMENTASI METODE ASYIFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TFK-TPQ ‘AINUL MARDHIYYAH JETIS PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Setyawati, Tutik. 2020. Implementasi Metode Asyifa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TFK-TPQ ‘Ainul Mardhiyyah Jetis Ponorogo. Skripsi Program S1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing (1) Nuraini, M.Pd.I dan Pembimbing (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode asyifa Minimnya anak seusia TK dan MI/SD yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan juga kurangnya program yang ada di masyarakat sekitar menjadikan anak-anak seusia TK dan MI menghabiskan waktunya hanya untuk bermain. Sehingga solusi untuk mengatasi hal tersebut, maka penting didukung dengan adanya lembaga yang mengajarkan pendidikan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yang menarik dan menyenangkan. Metode asyifa adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang menggunakan alat peraga dan jilid. Metode asyifa memiliki jilid sebanyak 4 jilid. Sehingga metode asyifa ini mengajak para siswa untuk belajar cepat dan tepat dengan memperhatikan tajwid dan makhorijul hurufnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi metode asyifa dalam pembelajaran Al-Qur’an di TFK-TPQ ‘Ainul mardhiyyah Jetis Ponorogo, (2) mengetahui hasil dari penerapan metode asyifa dalam pembelajaran Al-Qur’an di TFK-TPQ ‘Ainul Mardhiyyah Jetis Ponorogo dan (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode asyifa di TFK-TPQ ‘Ainul Mardhiyyah Jetis Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang difokuskan untuk mendiskripsikan suatu keadaan dengan menggunakan analisis dan menggunakan teori Abdullah Jamil dkk dalam bukunya Cepat Pintar Membaca Al-Qur’an Asyifa untuk TK Al-Qur’an usia 4-8 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Implementasi metode asyifa yang dilakukan di TFK-TPQ ‘Ainul Mardhiyyah Jetis Ponorogo menggunakan 4 tahapan pembelajaran yaitu ada 4 yaitu dengan alat peraga, jilid, tajwid dan ghorib. Dan juga memperhatikan 4 prinsip yaitu: diajarkan secara praktis, tidak menambah sebelum lancar, menggunakan strategi klasikal-individual dan drill pada pembelajaran tajwid dan ghorib, (2) hasil dari penerapan metode asyifa kepada santri yaitu santri rata-rata mampu menggunakan nada asyifa dan dapat membaca dengan tartil, dan memperhatikan beberapa adab dalam membaca Al-Qur’an, diantaranya yaitu: dalam keadaan suci, menggunakan pakaian terbaik, menghadap kiblat, tidak memotong bacaan dengan perkataan lain dan konsentrasi, dan (3) faktor penghambat dari penerapan metode asyifa adalah karena gaya belajar anak, kurangnya penguasaan metode pengajaran dan keterbatasan waktu. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai, seperti: alat peraga, jilid, buku prestasi dan tempat yang nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode asyifa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:55
Last Modified: 07 Jan 2021 06:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item View Item