Musta’in, Alim (2020) STRATEGI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KABUPATEN MADIUN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
1. HAL DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (965kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Musta’in, Alim ( 16160088 ). 2020. Strategi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Madiun. Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. Happy Susanto, M.A (2) Nuraini, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi MGMP, Kompetensi GPAI Meningkatkan kompetensi guru PAI maka perlu strategi yang efektif sehingga bisa mengena pada sasaran yang dituju yaitu peserta didik. Kompetensi yang harus dimiliki oleh GPAI meliputi Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi, profesional, kompetensi sosial, kompetensi spiritual dan kompetensi kepemimpinan. Strategi dalam meningkatkan kompetensi GPAI melalui MGMP sangat efektif dan efisien karena MGMP adalah wadah guru mata pelajaran dalam bertukar informasi dan pengalaman. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan strategi MGMP PAI dalam meningkatkan kompetensi GPAI, hasil strategi MGMP PAI dalam meningkatkan kompetensi GPAI, faktor apa yang mendukung dan menghambat MGMP dalam meningkatkan kompetensi guru PAI SMA di Kabupaten Madiun dan solusinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu riset lapangan (Field Research) yang terdiridari:observasi, interview/wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian adalah penelitisendiri untuk mendapatkan sasaran penelitian dan instrumen pendukung adalah interview guide (pedoman wawancara), selanjutnya datayangdiperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu dijabarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperolah kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA di Kabupaten Madiun, cukup efektif dalam melakukan strategi peningkatan kompetensi guru di Kabupaten Madiun. Dengan indikator, MGMP Pendidikan Agama Islam SMA eksis dalam melaksanakan kegiatan- kegiatan pengembangan kompetensi guru di Kabupaten Madiun, kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam cukup baik dalam melakukan persiapan pembelajaran di kelas, memiliki kegiatan-kegiatan efektif seperti pertemuan berkala yang didukung oleh motivasi guru yang tinggi di dalam melakukan pengembangan diri.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi MGMP, Kompetensi GPAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 01:54 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 01:54 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5697 |
Actions (login required)
View Item |