Ridho Wahyono, Hardian (2020) PENDIDIKAN PESANTREN PERSPEKTIF KH IMAM ZARKASYI DAN KH HASYIM ASY’ARY SERTA RELEVANSI BAGI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (562kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Hardian Ridho Wahyono, 2020. Pendidikan Pesantren Perspektif KH Imam Zarkasyi dan KH Hasyim Asy’Ary dan Relevansi Bagi Pendidikan Islam di Indonesia. Tesis Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pembimbing (1) Dr. Happy Susanto, MA, Pembimbing (2) Nur’aini, M. Pd. I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Pesantren Perspektif KH Imam Zarkasyi, mengetahui Pendidikan Pesantren Perspektif KH Hasyim Asy’ary serta Relevansinya bagi Pendidikan Islam di Indonesia Penelitian ini menggunakan litertaur atau Library Research datanya diambil dari bahan-bahan berupa tertulis, baik berupa buku atau lainnya yang berkaitan dengan topik pembahasan. Dalam penelitian ini sumber data dari berbagai literatur yang bersumber dari karya KH. Imam Zarkasyi dan KH Hasyim Asy’ary yang akan diteliti dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data yang yang diambil dalam bentuk buku dan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan topik pembahasan. Sumber data pada penelitian kepustakaan akan dikumpulkan yang terdiri dari data primer dan data skunder. Adapun tehnik pengumpulan data penulis menggunakan teknik dokumenter dalam pengumpulan data, untuk mengklasifikasi data diawali dengan pengumpulan berbagai refrensi terkait Imam Zarkasyi dan Hasyim Asy’ary dalam bentuk buku, teks, naskah, dokumentasi, jurnal dan sebagainya, tugas penulis adalah menangkap dibalik sumber data penulisan melalui beberapa tahapan, yaitu. Pertama, penulis membaca. Kedua, penulis memaca sekaligus menganalisis dan tahap ketiga penulis memasuki tahap reduksi data, klasifikasi data sehingga penulis dapat merumuskan peta arah penelitian untuk diuraikan dan ditarik kesimpulan. Pada menganalisis data maka penulis ini menggunakan tehnik, yaitu analisis deskriptif, analisis komparasi, analisis Hermeneutika, analisis Content Analysis, analisis Historis Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pesantren perspektif KH Imam Zarkasyi adalah pendidikan yang menggunakan sistem madrasah yang terintegrasi dengan kehidupan pondok, Imam Zarkasyi juga mengajarkan kitab-kitab klasik. Adapun metode pembelajarannya menggunkan direct Method, kurikulum yang diambil Imam Zarkasyi adalah 100 persen pendidikan Agama dan 100 persen pendidikan Umum yang keduanya tidak terpisahkan karena ilmu tersebut diajarkan berdampingan tanpa megurangi esensinya. Lembaga pendidikan yang didirikan Imam Zakasyi dengan sistem asrama sebagai tempat untuk berinteraksi para santri yang memberikan aturan bahwa santri harus tingal diasrama, kyai sebagai figur nya dan masjid sebagai pusat pesantren. Pendidikan Pesantren Perspektif KH Hasyim Asy’ary adalah pendidikan yang menggunakan sistem madrsah dan pesantren yang mengajarkan kitab-kitab klasik dengan menggunakan metode bandongan, wetonan, musyawarah dan Lalaran,. Adapun relevansinya bagi pendidikan Islam di Indonesia untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai-nilai budi pekerti luhur. Pendidikan tidak hanya pada kegiatan
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pesantren, Relevansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 02:23 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 02:23 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5699 |
Actions (login required)
View Item |