UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KECAMATAN BADEGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

WINARTI, R (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KECAMATAN BADEGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Student Team Achievement Division STAD Materi Perlindungan Dan Penegakan HAM Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan Tahun Pelajaran 2012 2013.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.doc
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (79kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (25kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

WINARTI, 11311755 Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Student Team Achievement Division (STAD) Materi Perlindungan Dan Penegakan HAM Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan Tahun Pelajaran 2012/2013, Skripsi, Jurusan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. Sariyono, M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Mahmud Isro'I, M.Pd Kata Kunci : Perlindungan Dan Penegakan HAM, Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pendidikan kewarganegaraan merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya. Minat secara umum diartikan sebagai suatu keadaan mental yang menghasilkan respon terarah pada situasi atau objek tertentu, yang menyenangkan dan memberikan objek kepuasan kepadanya. Dengan demikian minat dapat menimbulkan dan merupakan sikap yang menunjukkan suatu kesiapan berbuat bila ada situasi khusus yang sesuai dengan keadaan mental seseorang. Dalam kenyataannya metode tertentu dapat menunjang pendekatan siswa aktif, asalkan metode tersebut diterapkan dengan teknik yang benar. Makin jelas tujuan pembelajaran maka makin besar kemungkinan ditemukan metode penyampaian yang paling sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam materi perlindungan dan penegakan HAM pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan tahun pelajaran 2012/2013?. (2) Bagaimanakah meningkatkan motivasi belajar melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) materi perlindungan dan penegakan HAM pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam materi perlindungan dan penegakan HAM pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan tahun pelajaran 2012/2013. (2) peningkatan motivasi belajar melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) materi perlindungan dan penegakan HAM pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Melihat hasil penelitian tindakan kelas dengan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kecamatan Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013, hal ini tercermin dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 69,31 dengan ketuntasan 55,17 % meningkat pada siklus II nilai rata-rata 74,62 dengan ketuntasan 68,97% meningkat pada siklus III nilai rata-rata 81,90 dengan ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2014 02:53
Last Modified: 27 Mar 2014 05:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item