PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN AISYIYAH PONOROGO

Sarwanto, Muhamad (2020) PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN AISYIYAH PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Sarwanto, Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Santri Pondok Pesantren Tahfidz AlQur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo. Ponorogo: Program Pascasarjana Universitas Muhamadiyah Ponorogo, 2020. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat aktivitas menghafal al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo, 2) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas menghafal al-Qur’an terhadap kedisiplinan santri Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo, 3) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas menghafal al-Qur’an terhadap prestasi belajar santri Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo. Metode dalam penelitian ini menggunnakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo. Adapun sumber datanya adalah santri Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo, instrumen yang digunakan adalah kuesioner/angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji validitas dan reliabilitas data hasil angket aktivitas menghafal al-Qur’an dan kedisiplinan menunjukkan data valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil yang diperoleh dalam analisia menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas menghafal al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo berada pada kategori baik dengan frekuensi 27 santri pada posisi 65,9% dari 41 santri yang menjadi sampel. 2) Terdapat pengaruh antara aktivitas menghafal al-Qur’an terhadap kedisiplinan santri, dengan nilai thitung =7,320 ttabel = 2,023 maka ha diterima. 3) Terdapat pengaruh antara aktivitas menghafal alQur’an terhadap prestasi belajar santri, dengan nilai thitung =2,626 ttabel = 2,023 maka ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Aktivitas menghafal al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo berada pada kategori baik, maka dari itu perlu untuk lebih ditingkatkan lagi. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas menghafal al-Qur’an terhadap kedisiplinan santri. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas menghafal al-Qur’an terhadap prestasi belajar santri. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pertimbangan pengembangan pengetahuan dan dapat menambah wawasan serta memperkaya informasi empirik. Penelitian ini hanya terbatas dalam lembaga pendidikan al-Qur’an yaitu di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an (PPTQ) Aisyiyah Ponorogo diharapkan kedepannya hasil dari penelitian ini dapat lebih meluas lagi dalam hal pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, Kedisiplinan, Prestasi Belajar Santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:26
Last Modified: 08 Jan 2021 06:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item