Pemikiran Ibnu Sahnun tentang Etika Profesi Guru dan Relevansinya dengan Undang-Undang Kode Etik Profesi Guru

Rusnadi, Rusnadi (2020) Pemikiran Ibnu Sahnun tentang Etika Profesi Guru dan Relevansinya dengan Undang-Undang Kode Etik Profesi Guru. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB)

Abstract

Abstrak Rusnadi. 2020. Pemikiran Ibnu Sahnun Tentang Etika Guru dan Relevansinya dengan Undang-Undang Kode Etik Guru. Tesis. Program Pascasarjana Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Zainal Arif, M.A. dan Drs. Rido Kurnianto, M.Ag. Tesis ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pemikiran Ibnu Sahnun tentang etika guru serta relevansinya dengan undang-undang kode etik guru di Indonesia. Etika seorang guru merupakan unsur utama dalam kegiatan pendidikan, karena pendidikan tidak hanya transfer of knowledge tapi juga transfer of value. Dengan tertanamnya etika dalam diri seorang guru, mempermudahkan ia melaksanakan kewajiban-kewajibannya dalam proses pendidikan, sehingga dapat terwujudnya tujuan pendidikan. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberi sebuah infomasi yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Islam. Selain itu juga dapat memberikan sebuah pandangan baru dan memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia khususnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis isi (content analisis). Sementara teknik keabsahan data data dilakukan dengan kecukupan referensi data dan diskusi dengan teman sejawat (FGD) Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika guru menurut Ibnu Sahnu adalah sebuah prilaku guru dicerminkan dari ajaran-ajaran Islam (menurut al-Qur’an dan Hadist, kemudian prilaku tersebut diaplikasikan dalam berhubungan dengan peserta didik. Diantara prilaku guru tersebut adalah: 1. Berlaku adil dan tidak melakukan diskriminasi terhadap anak didik, 2. Bertakwa kepada Allah, 3. Menanamkan sikap ikhlas dan diperbolehkan menerima upah, dan ke 3. Menjadi uswah hasanah serta senantiasa memberikan perhatian kepada anak didik. Disamping itu, adanya relevansi antara pemikiran Ibnu Sahnun dan Undang-Undang Kode Etik Guru. Beberapa temuan yang memiliki relevansi adalah: 1. Etika guru dengan memiliki emosional yang stabil dan dewasa terhadap anak didik, 2. Etika guru yang arif, bijak, dan berwibawa terhadap anak didik, 3. Etika guru yang menjadi Suri tauladan dan menanamkan sikap ikhlas terhadap anak didik

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Etika Guru, Ibnu Sahnun, Undang-Undang Kode Etik Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:40
Last Modified: 08 Jan 2021 06:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item