Fadlillah, M (2018) ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (1). pp. 17-24. ISSN 2303-3800
Text
8. ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA.pdf Download (2MB) |
|
Text
Hasil Peer Review Artikel 8 (Aliran Progresivisme).pdf Download (741kB) |
|
Text
8. ASLI-ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Progresivisme merupakan aliran filsafat pendidikan modern yang menghendaki adanya perubahan pelaksanaan pendidikan menjadi lebih maju. Aliran progresivisme ini mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak dan menjadikan pendidik hanya sebatas sebagai fasilitaor, pembimbing, dan pengarah bagi peserta didik. Adapun tujuan dari aliran progresivisme dalam pendidikan ialah ingin merubah praktik pendidikan yang selama ini terkesan otiriter menjadi demokratis dan lebih menghargai potensi dan kemampuan anak, serta mendorong untuk dilaksanakannya pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik. Dengan menerapkan aliran progresivisme dalam pendidikan, harapannya dapat membahwa perubahan dan kemajuan pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas, sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aliran progresivisme, pendidikan, peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 01:42 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5758 |
Actions (login required)
View Item |