THE ROLE OF “CAS CIS CUS” FAIRYTALE IN ANTI CORRUPTION EDUCATION AT AL ISLAM KINDERGARTEN 5 SURAKARTA

Fadlillah, M (2018) THE ROLE OF “CAS CIS CUS” FAIRYTALE IN ANTI CORRUPTION EDUCATION AT AL ISLAM KINDERGARTEN 5 SURAKARTA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 3 (1). pp. 61-71. ISSN 2579-7255 (Print) 2524-004X (Online)

[img] Text
9. ASLI-The Role cas cis cus.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hasil Peer Review Artikel 9 (The Role Cas-Cis-Cus).pdf

Download (746kB)
[img] Text
9. THE ROLE OF “CAS CIS CUS” FAIRYTALE IN ANTI CORRUPTION EDUCATION AT AL ISLAM KINDERGARTEN 5 SURAKARTA.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article...

Abstract

Korupsi merupakan permasalahan besar yang ada di Negara ini. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan adalah melalui pendidikan anti korupsi sejak usia dini. Penelitian ini berjudul peranan dongeng CAS CIS CUS dalam pendidikan anti korupsi pada TK Al Islam 5 Surakarta. Metode penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek 2 guru dan 31 siswa dan orangtuanya. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kebsahan data dengan menguji derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Analisis data dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: pelaksanaan pendidikan anti korupsi dengan dongeng CAS CIS CUS adalah membagi 3 tahapan dongeng yaitu CAS (Cipta Aksi Super), CIS (Cipta Inspirasi Super), dan CUS (Cipta Usulan Super). Nilai anti korupsi meliputi kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab. Faktor pendukung dengan pemberian program dongeng dan peningkatan kompentensi guru, sedangkan penghambat berasal dari orangtua.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:51
Last Modified: 15 Jan 2021 01:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item