Fadlillah, M (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI TK IT QURROTA A’YUN BABADAN PONOROGO. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 2 (1). pp. 1-12. ISSN e-issn. 2579-7190
Text
11. ASLI-Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013.pdf Download (565kB) |
|
Text
Hasil Peer Review Artikel 11 (Pelaksanaan Pembelajaran).pdf Download (736kB) |
|
Text
11. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 D.pdf Download (2MB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di TK IT Qurrota A’yun Babadan Ponorogo; 2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di TK IT Qurrota A’yun Babadan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Adapun teknik pengujian datanya dilakukan dengan model tri angulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di TK IT Qurrota ‘Ayun Babadan Ponorogo telah berjalan dengan baik. Tahapan pelaksanaanya yaitu menyusun perencanaan pembelajaran dalam bentuk Program Semester (Promes), rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Adapun pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara tematik dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran sentra. 2) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran yaitu kepala sekolah sudah berpengalaman dalam Kurikulum 2013, mayoritas guru masih muda-muda, dan sudah menggunakan model pembelajaran sentra. Adapun faktor penghambatnya ialah fasilitas pembelajaran masih terbatas dan administrasi pembelajaran belum tersusun secara rapi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kurikulum 2013, dan Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 02:19 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 02:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5763 |
Actions (login required)
View Item |