Fadlillah, M (2018) PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA„AISYIYAH RONOWIJAYAN. Jurnal EDUPEDIA Jurmas : Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2 (2). pp. 139-147. ISSN ISSN 2614-1434 (Print) ISSN 2614-4409 (Online)
Text
13. ASLI-Puzzle Geomewa.pdf Download (291kB) |
|
Text
Hasil Peer Review Artikel 13 (Pengaruh Puzzle).pdf Download (772kB) |
|
Text
13. PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA„AISYIYAH RONOWIJAYAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh puzzle geomewa terhadap kemampuan dan minat anak dalam mengenal bentuk geometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok usia 4-5 tahun di BA ‘Aisyiyah Ronowijayan yang berjumlah 17 siswa. Karena kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri masih kurang terasah. Oleh sebab itu peneliti menggunakan permaianan puzzle geomewa sebagai media pembelajaran untuk mengasah kemampuan dan minat anak dalam mengenal bentuk geometri. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian one group pretestposttest. Analisis data mengunakan uji t dan uji wicoxon dengan perhitungan manual. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa harga t hitung lebih keci dari harga ttabel (-12,61<1,746) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa ada perbedaan kemampuan anak sesudah menggunakan puzzle geomewa. Dalam uji wilcoxon yang menujukkan bahwa nilai Whitung < Wtabel maka H0 ditolak. Sehingga dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa H1 diterima artinya minat anak sesudah menggunakan puzzle geomewa lebih baik dibandingkan sebelum menggunaka puzzle geomewa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan dan minat anak, puzzle geomwa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 02:37 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 02:37 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5767 |
Actions (login required)
View Item |