PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KELAS IX H SMP NEGERI 3 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NIA , JIANTARI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KELAS IX H SMP NEGERI 3 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Think Pair Share TPS pada Kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012 2013.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Jiantari, Nia. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Drs. Jumadi, M.Pd Kata Kunci : Model pembelajaran Think Pair Share (TPS), hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan suatu tujuan pembelajaran yang maksimal peran guru sangatlah penting, guru hendaknya mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif serta dapat melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar matematika siswa kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut karena kegiatan belajar berupa ceramah yang banyak didominasi oleh guru sehingga siswa menjadi pasif dan tidak dapat mengembangkan kemampuan diri secara optimal, serta mengakibatkan mereka jenuh dengan pembelajaran guru yang monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013; 2) Bagaimana aktivitas siswa kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 selama mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share; 3) Bagaimana respon siswa kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 terhadap model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar, data tentang aktifitas siswa diperoleh dari lembar observasi siswa, data tentang pengelolaan pembelajaran guru diperoleh dari lembar observasi guru yang diisi oleh peneliti pada waktu pembelajaran berlangsung. Kemudian semua data yang terkumpul dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013 yaitu pada siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 74,14, pada siklus II adalah 85,24. Ketuntasan pada Siklus I adalah 62,07% dan pada siklus II yaitu 82,76%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pengelolaan kemampuan guru yang dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I mencapai 3,06 sedang siklus II mencapai nilai 3,67 dalam kategori baik. Respon siswa menunjukkan tertarik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Hal ini dapat ditunjukkan dengan respon siswa mencapai 88,50% dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2014 02:57
Last Modified: 27 Mar 2014 05:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item