POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Interaksi Komunikasi Antar Pribadi Keluarga Pendatang di Desa Kasihan Dusun Sidomakmur Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tentang Kemandirian Anak)

ROYANI, FARIDA (2014) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Interaksi Komunikasi Antar Pribadi Keluarga Pendatang di Desa Kasihan Dusun Sidomakmur Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tentang Kemandirian Anak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Keluarga merupakan unit kecil dalam tatanan masyarakat yang bertanggung jawab atas perawatan dan pengasuhan anak serta membesarkannya sehingga menjadi dewasa yang nantinya mampu membentuk keluarga baru. Melalui keluarga, anak belajar menanggapi orang lain, mengenal dirinya, dan selkaigus belajar mengelola emosinya. Bagi kebanyakan anak, lingkungan keluarga merupakan lingkungan pengaruh inti, setelah itu sekolah dan kemudian masyarakat. Peneliti tertarik untuk meneliti pola komunikasi yang dilakukan oleh keluarga etnis dari berbagai daerah yang pada saat ini ada di desa Kasihan. Yaitu bagaimana penerapan pola komunikasi keluarga etnis dalam membentuk kemandirian anak dan faktor- faktor pembentuk kemandirian anak. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan observasi yang menjadi informan adalah bapak serta ibu dari masing- masing keluarga dalam mendidik anak dalam keluarganya. Dalam hal ini ada 8 keluarga yang menerapkan pola komunikasi yang berbeda- beda. Disini ada keluarga yang memekai pola komunikasi demokratis yang mana orangtua lebih memberi kebebasan terhadap anak (tidak ada tekanan), dan keluarga yang lain memakai pola komunikasi permisif, dan otoriter. Dari masing – masing cara berkomunikasi dalam keuarga etnis, meskipu cara mereka berbeda namun mereka hanya satu tujuan, yaitu untuk melihat ananya tumbuh menjadi aak yang mandiri dan berguna. Dimana orangtua mendidik anak nya dengan cara memberikan arahan- arahan agar mendapatkan terhadap anak. Dan dari hasil penelitian dari masing - masing anak di asuh oleh keluarga kecil atau hanya di asuh oleh bapak dan ibunya saja. Kata kunci : Komunikasi Antar Pri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 25 Nov 2014 01:38
Last Modified: 25 Nov 2014 01:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item