INISIATIF DAN PARTISIPASI DALAM PEMBANGUNAN DI TINGKAT DESA ”Study Penelitian Di Desa Mojorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo”

MUTTAQIN, KHOIRUL (2014) INISIATIF DAN PARTISIPASI DALAM PEMBANGUNAN DI TINGKAT DESA ”Study Penelitian Di Desa Mojorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI KHOIRUL MUTTAQIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAKS.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Inisiatif dan partisipasi masyarakat merupakan suatu strategi efektif dalam perpecatan realisasi program pembangunan,dan sebagaimana penjelasan Undang-Undang Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa Pasal 63 Perencanaan pembangunan Desa disusun secara partisipatif oleh pemerintahan desa sesuai dengan kewenangannya wajib melibatkan lembaga kemasyarakatan Desa. Pembangunan pedesaan sangat diperlukan dan berperan penting dalam menentukan kesejahteran masyarakat, pedesaan mempunyai peran penting dalam pembangunan nasional sebagai substansi dari pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat dan daerah, Sedangkan pertanian merupakan sumber pemenuhan kebutuhan masyarakat desa sebagaimana penduduk Indonesia sendiri sebagian besar bermata pencaharian pertanian. Sehubungan dengan usaha pembangunan terdapat inisiatif dan keterlibatan partisipasi masyarakat desa dalam realisasi percepatan pembangunan mencapai taraf kesejahteraan berkesinambungan bagi masyarakat desa. Dari pernyataan diatas maka tujuan penelitian disini adalah bagaimana cara menumbuhkan inisiatif dan partisipasi dalam pembangunan dan apakah hasil inisiatif dan partisipasi dapat menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian disini guna mengungkap permasalahan yang ada, untuk menggali data yang efektif peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif snowball sampling dengan tujuan mendapatkan jawaban yang aktual akurat terhadap masalah yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini cara menumbuhkan inisiatif dan partisipasi pembangunan melalui konsultasi dan studi banding dan dengan aktif mengikuti kegiatan sosial masyarakat dapat menumbuhkan keterlibatan kegiatan sosial masyarakat, yang kemudian dari wujud inisiatif dan partisipasi menghasilkan kemanfaatan berupa pengetahuan yang berlaku dimasa kini dan masa depan dan kemanfaatan keterlibatan berupa kesatuan kepedulian sosial antar warga masayarakat dalam rangka pembangunan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 25 Nov 2014 01:59
Last Modified: 25 Nov 2014 01:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item