ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD EDISI “URUSAN LO URUSAN GUE JUGA” 2020 DI TELEVISI

Nursetyawan, Andrean (2020) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD EDISI “URUSAN LO URUSAN GUE JUGA” 2020 DI TELEVISI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

Iklan merupakan cara yang paling sering digunakan oleh produk barang atau jasa untuk mempromosikan produknya. Jenis iklan yang paling banyak diminati adalah iklan televisi, karena selain bisa menampilkan audio dan visual, pengiklan bisa mengatur dimana iklan tersebut ditayangkan. Iklan produk biasanya menampilkan apa yang ada di produk tersebut, namun berbeda dengan iklan rokok. Dengan adanya undang-undang penyiaran yang membatasi adegan merokok, maka sering kali iklan rokok tidak menampilkan produknya melainkan mengganti dengan mengusung tema mengenai apa yang ada di masyarakat, termasuk permasalahan yang ada dimasyarakat. Salah satunya adalah Rokok A Mild yang selalu membuat iklan dengan menggambarkan fenomena sosial yang terjadi saat ini. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan apa saja yang terdapat dalam Iklan Rokok Sampoerna A Mild edisi Urusan Lo Urusan Gue Juga di televisi dengan menggunakan analisis semiotika Roland Bathes yang memaknai sebuah tanda dengan beberapa tahap mulai dari penanda, petanda, tanda denotasi, penanda konotasi, petanda konotasi, dan tanda konotasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap iklan tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa denotasi dalam iklan ini adalah gambaran fenomena-fenoma yang terjadi di masyarakat, sedangkan makna konotasi dalam iklan ini adalah menyinggung beberapa perilaku masyarakat menanggapi fenomena yang ada di Indonesia, pesan dalam iklan ini adalah untuk mengingatkan atau memberikan gambaran apa yang ada di Indonesia dengan tujuan untuk mengedukasi agar tidak melakukan hal-hal yang ada di iklan tersebut antara tidak mengutamakan gengsi, tidak tempramental, menaati rambu lalu lintas, bijak dalam menggunakan sosial media, dan kepedulian dengan lingkunga.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Iklan, Pesan, Semiotika
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:56
Last Modified: 28 Jan 2021 06:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5898

Actions (login required)

View Item View Item