PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI SD NEGERI 2 GAMBIRANOM KECAMATAN KISMANTORO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

SAWITRI, Q (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI SD NEGERI 2 GAMBIRANOM KECAMATAN KISMANTORO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Pecahan Sederhana di SDN 2 Gambiranom Kecamatan Kismantoro Tahun Pelajaran 2013 2014.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Sawitri. 2013. Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Pecahan Sederhana di SDN 2 Gambiranom Kecamatan Kismantoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Tujuan Penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga manipulatif untuk dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas III SDN 2 Gambiranom pada materi pecahan sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas III SDN 2 Gambiranom kecamatan Kismantoro. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah 2 x 35 menit. Untuk tindakan pembelajaran masing-masing siklus meliputi Planing, acting, observing dan reflecting. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa dan metode angket digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar matematika siswa kelas III SDN 2 Gambiranom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa mulai mengalami peningkatan pada siklus I. Terlihat pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 75,53 dengan persentase ketuntasan klasikal belajar sebesar 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa adalah 81,87 dengan persentase ketuntasan klasikal belajar sebesar 80,00%. Sedangkan untuk rata-rata skor angket minat belajar pada sikus I sebesar 74,92 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,83. Dari perkembangan nilai prestasi belaja matematika siswa dan minat belajar matematika siswa pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dan minat belajar matematika pada siswa kelas III SDN 2 Gambiranom, kecamatan Kismantoro pada materi pecahan sederhana.

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2014 03:05
Last Modified: 27 Mar 2014 05:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item