ANALISIS KONSEP BRAND IDENTITY BATIK PONORAGAN SEBAGAI SALAH SATU IDENTITAS KABUPATEN PONOROGO

Mua Dlomah, ‘Arifatul (2020) ANALISIS KONSEP BRAND IDENTITY BATIK PONORAGAN SEBAGAI SALAH SATU IDENTITAS KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN WATERMARK.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB 1 WATERMARK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II WATERMARK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB III WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Ponorogo melakukan upaya untuk membangkitkan lagi kejayaan batik yang ada di Kabupaten Ponorogo. Berbagai strategy yang telah dilakukan kini menjadikan Batik Ponorago dikenal dengan “Batik Ponoragan”. Hal ini menjadi daya tarik peneliti untuk meneliti mengenai strategi brading apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengembalikan kejayaan Batik Ponoragan. Jenis dari penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan metode wawancara langsung secara mendalam bersama dengan Bapak Zainal selaku Staff Kasi ILMEA Dinas Pedagangan Koperasi dan Usaha Mikro, Bapak Ahmadi selaku Ketua Paguyuban Batik Bina Bangsa, Bapak Tridi selaku Staff Kasi Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Bapak Frangky Andrias Matalata selaku Staff Kasi Promosi dan Kerjasama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, dan Bapak Hari Setiyowahyono selaku Kepala UPTD Sentra Industri. Proses analisis yang ditempuh peneliti menggunakan Brand Identity. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo membuat eksistensi batik ponoragan sudah mulai terlihat kembali, apalagi setelah didaftrakannya hak cipta desain batik Ponoragan yang sampai saat ini dijadikan sebagai seragam wajib pegawai negeri sipil dan pelajar di lingkup Kabupaten Ponorogo. Serta memanfaatkan fasilitas yang ada seperti sentra industri yang tidak hanya digunakan sebagai tempat pembinaan para pengrajin batik akan tetapi juga dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang ada di Kabupaten Ponorogo meskipun memang ada beberapa yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Branding, Batik Ponorogo
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:01
Last Modified: 29 Jan 2021 02:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item