FRAMING PEMBERITAAN PENETAPAN PRABOWO SEBAGAI MENTERI PERTAHANAN (Analisis Framing Robert.N Entman tentang Pemberitaan Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan Baru di Media Online CNN Indonesia dan Kompas.com Tanggal 22 dan 24 Oktober 2019)

Alexandra, Nova (2020) FRAMING PEMBERITAAN PENETAPAN PRABOWO SEBAGAI MENTERI PERTAHANAN (Analisis Framing Robert.N Entman tentang Pemberitaan Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan Baru di Media Online CNN Indonesia dan Kompas.com Tanggal 22 dan 24 Oktober 2019). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
halaman depan kk.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media online memiliki suatu kekuatan menentukan ataupun membuat isu yang dapat menjadi pembicaraan hangat dikalangan masyarakat. Media online juga dapat membentuk kesadaran masyarakat sesuai apa yang disajikan oleh media tersebut. Publik juga dapat memilih media apapun tergantung minatnya, media yang memberikan arah untuk dijadikan isu penting kepada publik. Sumber berita mungkin tidak lagi sebagai pihak netral yang meberikan informasi apa adanya akan tetapi ia juga mempunyai kekuatan untuk mempengarui media dan khalayak. Dalam pemberitaan di media Kompas.com dan CNN Indonesia dari perangkat framing model Robert N Entman ditemukan adanya perbedaan dalam penyajian berita. Kompas.com lebih ke menyudutkan bapak Prabowo terus lebih menunjukkan bahwa bapak Prabowo mempunyai masalalu yang sampai sekarang belum menemui keputusan, jejak kariernya pak Prabowo sebelumnya seperti ini, kalau di CNN Indonesia lebih santai yang menekankan pendapat bagaimana kalau pak Prabowo menjabat itu lebih terbuka. Jika melihat dari apa yang diberitakan oleh kedua media online tersebut yang menurut peneliti ada fakta real dan ada yang belumakuratdalamisiberitatersebut. Sedangkan untuk ada atau tidaknya intervensi pemilik media atau ada unsure politik dalam pemberitaan ini yang memihak menuru tpeneliti tergatung seseorang melihat pemberitaan itu seperti apa dari sudut pandang gimana, akan tetapi dalam kedua pemberitaan tersebut bisa dikatakan mengandung unsure politik atau memiliki kepentingan tertentu. Seperti media bukan lagi hanya bisnis semata akan tetapi juga meranah kepolitik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: berita,framing,media online
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:38
Last Modified: 01 Feb 2021 02:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item