PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS IX SMP/MTs

Diyah Safitri, Elviana (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS IX SMP/MTs. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Safitri, Elviana Diyah.2020.Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Transformasi Kelas IX SMP/MTs. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi transformasi kelas IX SMP/MTs yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Prosedur penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Design), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). (1) Tahap analisis terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan siswa, analisis bahan ajar, dan analisis kurikulum, (2)Tahap perancangan meliputi kegiatan menyiapkan buku referensi, gambar, dan materi transformasi yang akan digunakan dalam mengembangkan LKS, menentukan spesifikasi/komponen LKS, dan menyusun instrument penilaian LKS, (3)Tahap pengembangan meliputi kegiatan penyusunan draf LKS secara lengkap, validasi modul oleh ahli materi dan ahli media, serta revisi modul, (4)Tahap implementasi merupakan tahap ujicoba produk kepada 3 siswa SMP N 2 Sawoo secara perseorangan. (5) Tahap Evaluasi (Evaluation) dilakukan dengan menganalisis hasil angket respon siswa. Hasil validasi LKS menunjukkan bahwa keseluruhan aspek mencapai kriteria sangat valid yang meliputi, aspek kelayakan isi dengan presentase sebesar 87,5%, aspek kelayakan penyajian dengan presentase sebesar 83,93%, aspek kelayakan bahasa dengan presentase sebesar 83.33%, aspek kesesuaian dengan pendekatan saintifik dengan presentase sebesar 85,42%, dan aspek kelayakan kegrafikan dengan presentase sebesar 94,05%. Hasil angket respon siswa mencapai kriteria sangat praktis dengan presentase sebesar 89%. Karena memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis, maka dapat dikatakan bahwa produk akhir LKS layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Transformasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:02
Last Modified: 04 Feb 2021 03:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item View Item