Dwi Indramaya, Lutviana (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ARITMATIKA SOSIAL MENURUT KRITERIA WATSON. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (561kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
LUTVIANA DWI INDRAMAYA: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Kriteria Menurut Watson. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal aritmatika sosial menurut kriteria Watson. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo pada siswa kelas VIII.Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara.Sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan pedoman wawancara. Semua siswa kelas VIII diberikan soal tes uraian, setelah itu diambil empat siswa berdasarkan hasil soal tes yang melakukan kesalahan paling banyak dan jenis kesalahan yang berbeda. Tahap anlisis data dalam penelitian ini meliputireduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verification/conclusion drawing. Berdasarkan hasil dari penelitian dan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo melakukan beberapa jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Terdapat 6 jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa diantaranya adalah 1). Data tidak tepat (ID), kesalahan ini dikarenakan kurang teliti dalam menggunakan data, 2). Prosedur tidak tepat(IP),kesalahan ini terjadi karenakan kurang memahami konsep materi arimatika sosial, 3). Kesimpulan hilang (OC), kesalahan ini dikarenakan siswa kehabisan waktu sehingga tidak bisa menyelesaikan soal, 4). Konflik level respon(RLC),kesalahan ini dilakukan siswa karena siswa tidak memahami konsep aritmaika sosial.5).Manipulasi tidak langsung(UM), kesalahan ini terjadi karena siswa kurang teliti dan kurang terampil dalam materi aritmatika sosial, 6). Masalah hierarki keterampilan (SHP), kesalahan ini terjadi karena siswa tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya dan kurang teliti dalam menghitung. Sedangkan kesalahan yang tidak dilakukan siswa adalah data hiang (OM) dan kesalahan lain yaitu tidak mengerjakan soal atau menulis soal kembali. Kesalahan terbanyak pada jenis Data tidak tepat (ID).
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Kriteria Kesalahan Menurut Watson, Arimatika Sosial. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 03:36 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 03:36 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5973 |
Actions (login required)
View Item |