Ayu Kartika Putri, Tria (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEC. SIMAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (72kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (82kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
Abstract
TRIA AYU KARTIKA PUTRI: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Newman Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Kec. Siman . Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kec. Siman dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan analisis Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP N 1 Siman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kec. Siman yang melakukan kesalahan membaca. Kesalahan memahami masalah dilakukan oleh subjek karena kurang memahami apa yang di tanyakan pada soal. Kesalahan transformasi dilakukan oleh subjek akibat dari kesalahan sebelumnya yaitu kesalahan memahami masalah sehingga siswa tidak bisa melakukan pada proses transformasi data. Kesalahan keterampilan proses juga hampir dilakukan oleh semua subjek karena salah dalam menuliskan langkah pekerjaannya, melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya dan salah dalam perhitungan. Kesalahan penulisan jawaban juga dilakukan oleh subjek karena belum terbiasa menulis kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, sebaiknya guru memberikan latihan-latihan soal yang bervariasi agar siswa dapat menyelesikan soal dengan berbagai tingkat kesulitan. Selain itu, siswa juga perlu bertanya kepada guru jika belum memahami materi agar dapat menguasai materi dengan baik dan tidak melakukan kesalahan kembali saat mengerjakan soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Analisis Newman |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 04:13 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 04:13 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5978 |
Actions (login required)
View Item |