ANALISIS PROPORSI SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 2 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Evita, Yul (2020) ANALISIS PROPORSI SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 2 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN fiks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

YUL EVITA: Analisis Proporsi Soal High Order Thinking Skills (HOTS) pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi, Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proporsi dimensi kognitif pada soal uji kompetensi dalam buku teks matematika SMP kurikulum 2013 kelas VII semester 2; (2) mendeskripsikan proporsi dimensi pengetahuan pada soal uji kompetensi dalam buku teks matematika SMP kurikulum 2013 kelas VII semester 2; (3) mendeskripsikan muatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada buku teks matematika SMP kurikulum 2013 kelas VII semester 2 ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan studi dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan dokumentasi, sebab penelitian ini ditujukan untuk menganalisis uji kompetensi pada masing-masing bab dalam buku teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII semester 2 sebanyak 150 soal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan identifikasi soal-soal yang ada di buku teks matematika kurikulum 2013 kelas VII semester 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan cara mengkategorikan jenis soal pada masing-masing bab berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi, yaitu secara bertahap akan dianalisis soal level kognitif, soal dimensi pengetahuan, dan soal High Order Thinking Skills (HOTS). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) untuk proporsi dimensi kognitif pada soal uji kompetensi dalam buku teks matematika SMP kurikulum 2013 kelas VII semester 2 yaitu untuk proporsi masing-masing tingkat kognitif yaitu C1 (mengingat) tidak ada, C2 (memahami) sebesar 21,33%, C3 (mengaplikasikan) sebesar 44,66%, C4 (menganalisis) sebesar 22%, C5 (mengevaluasi) sebesar 10,66%, dan C6 (mencipta) sebesar 1,33%; (2) untuk proporsi soal dimensi pengetahuan yaitu pengetahuan faktual tidak ada sama sekali (0%), sedangkan pengetahuan non faktual sebesar 100%; (3) untuk proporsi soal High Order Thinking Skills (HOTS) pada buku teks matematika SMP kurikulum 2013 kelas VII semester 2 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi yaitu hanya sebesar 36%, sedangkan untuk soal tidak HOTS sebesar 66%. Proporsi soal banyak didominasi oleh soal kategori bukan HOTS, sehingga proporsi soal yang tidak merata dalam buku teks ini mengakibatkan buku teks masih tergolong lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: High Order Thinking Skills (HOTS), Analisis Buku Teks, Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:24
Last Modified: 04 Feb 2021 04:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item View Item