ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Ratnasari, Yuli (2020) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

YULI RATNASARI: Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo pada kelas IX A. Subjek penelitian ini yaitu semua siswa kelas IX A. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal berpikir reflektif dan pedoman wawancara. Tes yang digunakan sebanyak tiga soal. Semua siswa kelas IX A diberikan tes berpikir reflektif. Setelah diberikan tes, diambil 4 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik berdasarkan rekomendasi guru dan yang memenuhi indikator berpikir reflektif. Untuk selanjutnya empat siswa tersebut menjadi subjek wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah reflektif dan cukup reflektif. Siswa yang memiliki proses berpikir reflektif kategori reflektif, pada permasalahan yang diberikan dapat memenuhi semua langkah fase dalam indikator berpikir reflektif dengan baik yaitu reacting, comparing, dan contemplating. Siswa yang memiliki proses berpikir reflektif kategori cukup reflektif memenuhi fase reacting dan comparing saja. Siswa tidak memenuhi fase contemplating karena siswa tidak mampu menentukan maksud dari permasalahan dan tidak dapat menyimpulkan penyelesaian permasalahan. Sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan pertimbangan oleh guru untuk mengetahui berpikir reflektif siswa supaya guru lebih mengenali dan memperhatikan berpikir reflektif siswanya saat menyelesaikan masalah matematika karena dapat digunakan sebagai evaluasi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Reflektif, Masalah Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:29
Last Modified: 04 Feb 2021 04:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item