PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 BUNGKAL PONOROGO

Krisna Hanafi, Rihanum (2020) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 BUNGKAL PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
PDF Halaman Depan.pdf

Download (579kB)
[img] Text
PDF BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
PDF BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
PDF BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
PDF BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
PDF BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
PDF LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

RIHANUM KRISNA HANAFI. Peran Pembelajaran Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Sosial Siswa Di SMP Negeri 1 Bungkal Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Drs. Sunarto, M.Si., Pembimbing 2 Hadi Cahyono, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam penanaman sikap sosial melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bungkal Ponorogo (2) Mendeskripsikan kendala dan upaya guru dalam penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bungkal Ponorogo Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian beralamatan di Jl.Pemuda No. 23 Desa Bungkal, Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo, Kode pos: 63462. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraaan di SMP Negeri 1 Bungkal Ponorogo. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah profil sekolah serta peraturan, tata tertib serta berkas-berkas yang berkaitan dengan penelitian. Teknik penelitian dengan pengumpulan data yang diperoeh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penyimpulan data Hasil penelitian yang diperoleh yaitu startegi guru dalam penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan hal yang pertama disiapkan guru sebelum pelaksanaan pembelajaran yaitu melalui tahap perencanaan pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran guru mempunyai banyak strategi agar peserta didik semangat dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran selalu diberikan motivasi dalam penanaman sikap sosial guru selalu menyelipkan nilai-nilai sosial disegala metode yang diterapkan dalam penanaman sikap sosial diluar pemebelajaran guru bukan sekedar menegur saja melainkan juga memberikan contoh kepada siswa serta mengikut sertakan dengan program sekolah. Upaya dan kendala dalam menerapkan strategi guru yaitu kenadalanya karakteristik setiap peserta didik berbeda beda serta kurang sinkron kerjasama antara guru dengan orang tua peserta didik. Upaya guru yaitu penyesuaian metode pembelajaran atas dasar karateristik peserta didik tidak sama, menerapkan metode pembelajaran yang menarik agar dalam proses pembelajaran dengan suasana tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi guru PPKn dan Sikap sosial
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Feb 2021 03:42
Last Modified: 05 Feb 2021 03:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item