PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Utami, Tri (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
ACOVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tri Utami. Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Hadi Cahyono, M.Pd., Pembimbing 2 Ambiro Puji Asmaroini, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran e-learning terhadap kemandirian belajar mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (2)Mendiskripsikan kelayakan e-learning sebagai media pembelajaran pada mahasiswa prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan populasi Mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. peneliti mengambil sampel Mahasiwa PPKn Universitas Ponorogo yang berjumlah 20 mahasiswa. Penentuan untuk kelompok kontrol dan eksperimen. Pembagian kelompok dilakukan untuk mengorganisasi kelas agar menjadi dua kelompok karena PPKn Universitas Ponorogo hanya memiliki satu kelas untuk itu dibagi menjadi 2 kelompok Sehingga diperoleh 10 siswa sebagai kelompok kontrol dan 10 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pretest dan posstest sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal test tentang pembelajaran e-learning terhadap kemandiarian belajar yaitu berupa angket kemandirian belajar dari mahasiswa PPKn. Sedangkan teknik analisis data dilakukan setelah data yang diperoleh melalui serangkaian pretest dan posttest yang diujikan ke mahasiswa telah terkumpul. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan SPSS versi 16.0 for Windows. Hasil penelitian dapat dilihat jika nilai thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5%, yaitu thitung 5.569 dan ttabel pada taraf signifikasi 5% 1.801. sehingga dapat diinterpretasikan bahwa pembelajaran e-learning¬ berpengaruh terhadap kemandirian belajar mahasiswa mahasiswa lebih fleksibel dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan tetap pada tanggung jawabnya untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu.Dari hasil pengambilan data angket kepada 20 mahasiswa didapatkan hasil 75,15% e-learning telah layak sebagai media pembelajaran yang efektif dan berpengaruh terhadap kemandirian belajar mahasiswa Hal ini karena akses penggunaan media pembelajaran e-learning sangat mudah dilakukan oleh mahasiswa yang sudah menguasai sistem teknologi informasi terutama jaringan internet dengan mudah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Belajar, Pembelajaran E-learning, Kemandirian Belajar.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:09
Last Modified: 05 Feb 2021 04:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item