Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament) pada Materi Pemfaktoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kurniasih, Ranti (2019) Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament) pada Materi Pemfaktoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 (2). pp. 261-276. ISSN e-ISSN 2579-7646, 2086-2725

[img] Text
1a Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament).pdf

Download (245kB)
[img] Text
1b Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament).pdf

Download (3MB)
[img] Text
1c Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament).pdf

Download (708kB)
Official URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/arti...

Abstract

Pembelajaran matematika di Mts Wali Songo Ngabar kabupaten Ponorogo jenjang kelas VIII menunjukkan adanya permasalahan antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran matematika yang inovatif dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran terasa menyenangkan. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah tipe pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) yang memadukan pembelajaran dengan permainan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Mts Wali Songo Ngabar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang digunakan peneliti dengan melakukan modifikasi dari teori Slavin yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tahapan yang digunakan oleh peneliti adalah tahap penyajian kelas, tahap belajar tim, tahap permainan, tahap turnamen dan tahap penghargaan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe TGT; hasil belajar A. Pendahuluan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:12
Last Modified: 16 Feb 2021 06:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item