PENERAPAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

CITRA PUSPITA SARI, KHETRINA (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pendekata PMRI, Aktivitas,Prestasi belajar. Pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal yang kegiatan pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Sumber pengetahuan hanya berjalan satu arah yaitu dari guru ke siswa sehingga siswa cenderung pasif dan hanya menjadi pendengar dan kemudian mencatat apa yang telah disampaikan oleh gurunya. Jarang terjadi diskusi kelompok sehingga aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika masih kurang. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada penelitian ini akan diterapkan pendekata PMRI. Pendekatan PMRI merupakan pendekatan yang bertitik tolak dari hal-hal yang real bagi siswa, menekankan keterampilan berdiskusi, dan berkolaborasi, berargumentasi dengan teman sekelas dan pada akhirnya menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi pokok bangun ruang sisi datar melalui penerapan pendekatan PMRI yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan dengan tiga kali pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus, dan begitu juga pada siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi (aktivitas siswa selama proses pembelajaran), dan tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan banyak siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (60,71%), rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 65,27%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan banyak siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (85,71%), rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II adalah 77,82%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Nov 2014 03:32
Last Modified: 27 Nov 2014 03:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item