PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, RESPON DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-B MTs NEGERI SAMPUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ARDIANI, ALFI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, RESPON DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-B MTs NEGERI SAMPUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
halmn dpan.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Aktivitas, Respon, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Proses belajar mengajar yang cenderung berpusat pada guru menyebabkan kurangnya aktivitas siswa di MTs Negeri Sampung Ponorogo dan mengakibatkan respon siswa pada mata pelajaran matematika rendah sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan aktivitas siswa di dalam kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), peningkatan respon siswai dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peningkatan prestasi belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Pada penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan dengan 2 kali pembelajaran dan 1 kali evaluasi akhir siklus, dan begitu pula pada siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas, angket respon siswa dan tes tiap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa sebanyak 65.345%, respon siswa dengan rata-rata 2.83 dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata 55.17%, kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa sebanyak 79.28%, respon siswa dengan rata-rata 3.18 dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata 88.8%. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, selain itu siswa mampu lebih aktif didalam proses pembelajaran. Interaksi yang terjadi antar siswa adalah interaksi yang mengkaji materi pembelajaran sehingga diperlukan pengawasan yang lebih dari guru agar interaksi tersebut dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 27 Nov 2014 03:48
Last Modified: 27 Nov 2014 03:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item