ANALISIS DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Yurike, Yurike and Wahyudi, Wahyudi (2020) ANALISIS DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 398-408. ISSN ISSN: 2549-6700 (print), ISSN: 2549-6719 (online)

[img] Text
HALAMAN DEPAN_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN (LOA).pdf

Download (208kB)
[img] Text
15. Artikel Analisis Deskriptif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar.pdf

Download (229kB)
[img] Text
15. Hasil Plagiasi Artikel No15 PENELITIAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php...

Abstract

Motivasi belajar adalah sebuah dorongan yang memicu siswa untuk belajar supaya proses pembelajaran mengarah pada tujuan yang ingin tercapai. Tanpa adanya motivasi pada siswa maka tujuan pembelajaran sulit teraih. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bertujuan untuk menambah daya berpikir siswa, rasa tanggung jawab dan keingintahuan yang lebih tinggi. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan sistem pembelajaran berkelompok yang memperhatikan pemerataan seperti gender dan intelektual. Setiap anggota kelompok saling membutuhkan serta memiliki tanggung jawab menguasai materi bersama kelompok ahli dan menyampaikan hasil diskusi pada kelompok asal kemudian mereka bergantian dengan anggota kelompok lain. Jenis pengumpulan data penelitian ini adalah kajian pustaka yang tujuannya untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk upaya peningkatan motivasi belajar matematika. Hasil pengumpulan data dari beberapa sumber yang relevan dapat ditarik kesimpulan motivasi belajar matematika siswa mampu ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pembelajaran kooperatif, jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 24 May 2022 03:56
Last Modified: 23 Jun 2023 08:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6297

Actions (login required)

View Item View Item