Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra

Septrianto, Muhammad Idris, Jumadi, Jumadi and SUHENDAR, UKI (2019) Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5 (2). pp. 78-90. ISSN E-ISSN : 2654-833X P-ISSN : 2443-3500

[img] Text
7. artikel jumlahku NOVEMBER 2019.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. peer review pembelajaran mat materi pers garis.pdf

Download (806kB)
[img] Text
7. plagiasi Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan pembelajaran persamaan garis lurus dengan model guided discovery learning berbantuan geogebra. Penelitian kualitatif ini mengambil subjek adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan model guided discovery learning berbantuan geogebra dilakukan dengan diawali langkah Stimulation, lalu Problem statement, kemudian Data collection, dilanjutkan Data Processing, lantas Verification, diakhiri dengan Generalization. Bantuan geogebra diberikan saat langkah stimulation dan verification. Hasil penerapan pembelajaran ini adalah partisipasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa meningkat. Namun demikian, bimbingan dan kreativitas guru sangat menentukan keberhasilan penerapan model guided discovery learning berbantuan geogebra ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persamaan garis lurus; guided discovery learning; geogebra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:47
Last Modified: 25 Mar 2021 02:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6320

Actions (login required)

View Item View Item