IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

UTAMI, PRIHMA SINTA and Cahyono, Hadi (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. JDPP(Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran), 6 (1). pp. 8-14. ISSN ISSN 2303-3800 (Online) ISSN 2527-7049 (Print)

[img] Text
2. JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. Plagiasi JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. PR JURNAL Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. HASIL PLAGIASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. PEER REVIEW.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari implementasi pendidikan berbasis multikultural melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada mahasiswa prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif dengan tehnik pengambilan sampel secara purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kerjasama mahasiswa semakin meningkat dalam hal melakukan pengamatan suatu kasus serta tidak ada tendensi pada kelompok tertentu; (2) Mahasiswa secara mandiri telah melakukan kegiatan pencarian literasi dalam penyelesaian masalah, dosen hanya sebagai fasilitator; (3) Secara demokratis mahasiswa menyampaikan solusi masalah dan memberikan kesempatan yang sama mahasiswa lainnya tanpa melihat budaya yang dominan di kelas; (4) Interaksi mahasiswa dengan antar kelompok masih kurang, keaktifan mahasiswa masih dominan pada kelompok kecil saja. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran PBL implementasi pendidikan multikultural dapat diimplementasikan dengan baik dan menunjukkan hasil pembelajaran yang aktif, lebih demokratis, serta tidak ada tendensi memihak pada salah satu budaya kelompok dominan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: multicultural education, learning model, problem based learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:55
Last Modified: 18 May 2021 03:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item