IMPLEMENTASI MEDIA WARBEN HUBBUL ILMII UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PONOROGO

NURUL FITRIA, HIKMAH (2020) IMPLEMENTASI MEDIA WARBEN HUBBUL ILMII UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PONOROGO. Edupedia, 4 (2). ISSN ISSN 2614-1434 (Print) ISSN 2614-4409 (Online)

[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2020-10-21 at 06.31.25.jpeg

Download (117kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
jurnal edupedia hikmah wartermak (7).pdf

Download (178kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media warben hubbul ilmii untuk menstimulus perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Negeri Pembina Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Analisis ini terdiri dari berbagai analisi yaitu reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data atau simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi media warben hubbul ilmii untuk menstimulus perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo menunjukkan bahwa anak aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama aktivitas mengenal warna, bentuk, dan angka dengan media warben hubbul ilmii. Guru makin mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media warben hubbul ilmii sebagai penunjang dalam proses aktivitas pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil proses penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implememntasi media warben hubbul ilmii sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek belajar pemecahan masalah terjadi bila individu menggunakan berbagai konsep atau prinsip untuk menjawab suatu pertanyaan, berfikir logis mengklarifikasikan benda, berdasarkan fungsi, bentuk, warna atau ukuran, mengenal gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya, mengklarifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau mengenal pola, dan berfikir simbolik yaitu menghitung jumalah banyak benda satu sampai dua puluh , mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan dan mengenal lambang huruf.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Warben Hubbul Ilmii, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:29
Last Modified: 27 Apr 2022 04:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6354

Actions (login required)

View Item View Item