Kartu Basis Bilangan

Julan Hernadi, Arta Ekayanti (2019) Kartu Basis Bilangan. 000160934.

[img] Text
DESKRIPSI HKI Kartu Basis Bilangan.pdf

Download (576kB)
[img] Text
PEER REVIEW_KARTU BASIS BILANGAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
SERTIFIKAT HKI KARTU BASIS BILANGAN.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Turnitin_Deskripsi HKI Kartu Basis Bilangan.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://oipas.sentraki.umpo.ac.id/kartu-basis-bilan...

Abstract

Karya ini berupa permainan kartu domino yang memasangkan bilangan dalam basis 10 dengan bilangan dalam sistem biner atau basis dua. Bilangan desimal basis 10 hanya dibatasi pada 20 bilangan pertama, yaitu 0, 1, 2, 3, ⋯, 19. Aturan permainannya adalah seperti halnya permainan domino yaitu masing-masing pemain diberikan kartu dalam jumlah yang sama, kemudian secara bergantian menurunkan kartu yang ada dengan cara memasangkan angka dalam basis 10 dengan angka dalam basis 2 atau sebaliknya. Bulatan biru menandakan identitas. Ketika salah satu pemain telah menghabiskan kartu di tangan atau tidak ada lagi kartu yang bisa diturunkan oleh pemain manapun maka game berakhir. Skor dihitung berdasarkan banyak kartu yang tidak turun. Skor akhir dihitung dengan menjumlahkan skor yang diperoleh pada setiap putaran. Pemain yang skornya paling rendah ditetapkan sebagai pemenang. Jumlah pemain bisa 3- 5 individu atau tim siswa. Banyak kartu dan bilangan yang akan dimainkan dapat diatur berdasarkan kesepakatan. Media permainan ini diharapkan dapat mengenalkan siswa sejak dini terhadap sistem biner yang banyak digunakan pada pemrograman komputer. Harapannya adalah siswa menyenangi bidang algoritma dan pemrograman komputer yang sangat penting dalam era revolusi industri 4.0.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 29 Mar 2021 15:47
Last Modified: 29 Mar 2021 15:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item