Riastuti, Eka Rahayu, Surya Ningsih, Ruddat Ilaina, Asmaroini, Ambiro Puji and Cahyono, Hadi (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MEMBENTUK CIVIC SKILL (STUDI DI KELAS VIII SMPN 1 JENANGAN, KABUPATEN PONOROGO). JPK Jurnal Pancasila dan KewarganegaraaN, 3 (1). p. 69. ISSN ISSN 2527-7057 (Online) ISSN 2549-2683 (Printed)
Text
1 artikel Ambiro implementasi discovery learning.pdf Download (324kB) |
|
Text
peer review discovery learning.pdf Download (420kB) |
|
Text
Plagiasi artikel implementasi pembelajaran discovery learning.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanakan agar setiap warga negara tahu akan hak dan kewajiban dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai bangsa yang mempunyai sejarah perjuangan panjang dalam meraih kemerdekaan maka rasa cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalis harus tetap ada pada setiap jiwa masyarakat Indonesia. Seiring perkembagan zaman dan teknologi maka nilai-nilai tersebut semakin lama semakin berkurang, terutama pada kalangan remaja usia sekolah. Tujuan penelitian ini untuk memahami implementasi metode pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo dan untuk memahami cara dalam membentuk civic skill melalui metode pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif pertama, untuk memahami untuk memahami implementasi metode pembelajaran discovery learning di kelas VIII mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Kedua, untuk memahami cara dalam membentuk civic skill melalui metode pembelajaran discovery learning di kelas VIII mata pelajaran PPKn di SMP 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Implementasi model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMPN 1 dengan cara: 1) Stimulation (stimuasi/ pemberian rangsangan), 2) Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah 3), Data collection (pengumpulan data). 4) Data Processing (pengolahan data). 5) Verification (pembuktian). 6) Generalization (menarik kesimpulan/ generalisasi).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Civic skill, Teacher, Student |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 04:19 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 15:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6383 |
Actions (login required)
View Item |