UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE INQUIRY SUCHMAN KELAS VIIB SEMESTER GENAP SMPN 5 KECAMATAN NGRAYUN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KUSUMA, RIA (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE INQUIRY SUCHMAN KELAS VIIB SEMESTER GENAP SMPN 5 KECAMATAN NGRAYUN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
bab I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Inquiry Suchman, hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor, aktivitas belajar siswa Matematika adalah pelajaran yang biasanya dianggap sebagai pelajaran yang paling sulit, sehingga banyak anak-anak sekolah yang tidak menyukai pelajaran matematika. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar dan aktivitas siswa sangat rendah terutama dalam pelajaran matematika di SMPN 5 Kecamatan Ngrayun sangat rendah, yang menjadi penyebabnya adalah penguasaan siswa terhadap materi masih kurang, pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat, dan kurangnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 5 Kecamatan Ngrayun pada materi segitiga dan segiempat melalui pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode Inqiury Suchman; 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas VIIB SMPN 5 Kecamatan Ngrayun pada materi segitiga dan segiempat menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode Inqiury Suchman pada pelajaran matematika; Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data diperoleh dari evaluasi tes belajar hasil belajar ranah kognitif, lembar angket hasil belajar ranah afektif siswa, lembar pengamatan hasil belajar ranah psikomotor siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian (selama siklus I dan II) menunjukkan bahwa hasil belajar ranah kognitif matematika siswa diperoleh persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 78,40% pada siklus dua meningkat menjadi 90,74%, hasil belajar ranah afektif siswa diperoleh persentase pada siklus I mencapai 78,87% pada siklus II meningkat menjadi 87,69%, sedangkan untuk hasil belajar ranah psikomotor hasil belajar ranah afektif siswa diperoleh persentase pada siklus I mencapai 67,70% pada siklus II meningkat menjadi 80,49%. Aktivitas belajar siswa dikatakan aktif ditunjukkan apabila aspek aktivitas telah mencapai kriteria baik semua pada siklus II, sedangkan untuk siklus I ada 2 aspek yang belum menenuhi kriteria baik. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode Inquiry Suchman dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIIB SMPN 5 Kecamatan Ngrayun. Saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan metode Inquiry Suchman dapat menjadi pertimbangan guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 28 Nov 2014 02:29
Last Modified: 28 Nov 2014 02:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item