RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN MATERI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Rahmawati, Ida Yeni, Aziz, Firman and Wahyono, Tri RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN MATERI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. In: Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI.

[img] Text
15. PROSIDING INTERNASIONAL KIPBIPA XI RANCANG BANGUN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
15. HASIL PLAGIASI RANCANG BANGUN APLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peereview.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://kipbipa.appbipa.or.id/unduh/prosiding_kipbi...

Abstract

Pada era revolusi 4.0 seperti saat ini, teknologi memiliki dampak yang sangat besar dalam segala bidang. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat membutuhkan sentuhan teknologi guna mengikuti perkembangan industri revolusi 4.0. Bidang pendidikan bahasa Indonesia secara khusus lebih membutuhkan inovasi teknologi. Bahasa Indonesia di era milenial ini, dijadikan sebagai wahana untuk berdiplomasi di kancah internasional. Selama ini bahasa Indonesia sudah dikenalkan diberbagai negara di dunia, namun masih kurang sekali sentuhan teknologi yang digunakan untuk mendiplomasikan bahasa Indonesia dikancah internasional. Perserikatan Muhammadiyah dalam hal ini, sangat prospektif untuk mengembangkan inovasi teknologi khususnya dalam bidang diplomasi bahasa Indonesia dikancah internasional. Bentuk dari diplomasi bahasa Indonesia selama ini dikenal dengan pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing atau yang dikenal dengan pengajaran BIPA. Pengajaran BIPA di sini lebih mengenalkan pada pengajaran bahasa Indonesia, dan budaya Indonesia. Bahasa dan budaya Indonesia selama ini sangat diminati oleh wisatawan mancanegara. Dengan adanya alasan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mngembangkan inovasi di bidang teknologi, dengan bentuk aplikasi berbasis android untuk pengajaran BIPA di Universitas Muhamamdiyah Ponorogo. Metode penelitian ini ialah menggunakan metode waterfall. Metode waterfall ini terdiri dari empat tahapan yakni tahapan analisi, desain, coding, dan tahap tes. Berdasarkan hasil penerapan aplikasi ini pada proses pembelajaran BIPA, mahasiswa merasa lebih senang dalam belajar bahasa Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:08
Last Modified: 21 Apr 2021 03:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item