Analisis Penerapan Moodle dalam Pembelajaran (BIPA) Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Rahmawati, Ida Yeni Analisis Penerapan Moodle dalam Pembelajaran (BIPA) Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. In: Kongres Bahasa Indonesia ke XI.

[img] Text
16. HASIL PLAGIASI ANALISIS PENERAPAN MOODLE.pdf

Download (5MB)
[img] Text
16. PROSIDING NASIONAL KBI XI ANALISIS PENERAPANA MOODLE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PR GAB 16.pdf

Download (961kB)
Official URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/10974/

Abstract

Di era digitalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, khususnya dalam dunia pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Perkembangan teknologi tersebut antara lain, penerapan elearning. E-learning sudah saatnya diterapkan diberbagai kalangan, baik di kalangan pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan moodle, dalam pembelajaran BIPA di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Dikatakan studi kasus dikarenakan permasalahan yang dibahas mengenai seluk beluk penerapan moodle dalam pembelajaran BIPA. Hasil penelitian ini adalah melalui adanya penerapan moodle dalam pembelajaran BIPA, mahasiswa semakin terbantu karena kemudahan dan keterbukaan dalam proses pembelajaran, dan termotivasi untuk intensif serta komprehensif dalam memelajari BIPA. Pembelajaran e-learning melalui moodle ini, juga memiliki keunggulan yakni, dapat digunakan untuk penerapan empat aspek keterampilan berbahasa, pada pengajaran BIPA. Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut meliputi, membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan e-learning yang berupa moodle, maka akan semakin membantu semua pihak dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan, segala kebutuhan dalam proses pembelajaran dapat tersajikan melalui penerapan moodle secara praktis,dan efisien, namun tidak mengurangi kualitas pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 31 Mar 2021 17:55
Last Modified: 31 Mar 2021 17:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item