ADILA PRIBADI, SUKMA (2014) Kampanye Iklan Rokok Membunuhmu (Analisis Model Komponensial kampanye terhadap respon perubahan iklan bahaya rokok pada pengunjung Kedai Kopi Wakoka Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
Skripsi Kampanye Iklan Rokok Membunuhmu (merged).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Image
lembar persetujuan.jpg Download (37kB) | Preview |
|
|
Image
lembar pengesahan.jpg Download (66kB) | Preview |
Abstract
Kita sadar Fenomena Merokok itu berbahaya bagi kesehatan dimasyarakat dan telah bertahun-tahun. Akan tetapi semakin lama pertumbuhan rokok menjadi semakin tinggi serta usia perokok aktif tersebut umumnya banyak pada usia Pemuda bahkan anak-anak kecil pun sudah mulai menghisap rokok. Dengan berbagai hal dan alasan yang mendasarinya. Fenomena seperti ini sangat perlu adanya perubahan-perubahan seperti peringatan bahaya merokok agar sikap merokok ini tidak terus-menerus berkelanjutan dan semakin parah saja. Juga peran dari keberadaan Media iklan kini telah mendukung dan menjadi kebutuhan setiap manusia. Perkembangan dunia yang telah menuju modernisasi seolah menuntut setiap individu untuk selalu up to date di segala bidang yang tentunya itu semua erat kaitannya dengan kebutuhan akan informasi terkini. Media iklan Televisi maupun Billboard sendiri telah lama menjadi fenomena, dan menambah panjang daftar menu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi mereka dan keluarga mereka. Sehingga menimbulkan suatu respon dari pesan iklan yang bermacam-macam pula. Salah satunya pada iklan rokok yang bertemakan tentang perubahan kalimat “Peringatan: merokok membunuhmu 18+”. Dengan teori komunikasi Komponensial Kampanye adalah suatu pesan yang disampaikan dari “sumber pesan” akan memiliki “efek/respond dan “umpan balik” dari penerima pesan tersebut. Dalam penelitian ini teknik analisa data yaitu Deskriptif Kualitatif kepada masyarakat “Perokok Aktif” dan “Non Perokok” di Ponorogo khususnya pengunjung Kedai Kopi Wakoka. Berdasarkan hasil yang telah di deskripsikan bahwasannya mereka yang merokok/perokok aktif sebenarnya tidak menganggap perubahan iklan rokok tersebut membantu atau efektif bagi diri mereka. Agar diri mereka berhenti dan takut untuk tidak merokok kembali. Dan mereka memiliki alasannya sendiri- sendiri. Begitu pula para non perokok yang semakin terganggu dan tidak nyaman dengan asap rokok yang ditimbulkan karena mencemari udara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science |
Depositing User: | Editor FISIP |
Date Deposited: | 28 Nov 2014 02:44 |
Last Modified: | 28 Nov 2014 02:44 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/644 |
Actions (login required)
View Item |