PERSPEKTIF MAHASISWA DALAM MENUMBUHKAN NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK ANAK USIA DINI

Setyowahyudi, Rendy (2020) PERSPEKTIF MAHASISWA DALAM MENUMBUHKAN NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8 (1). pp. 1-9. ISSN p: 2613-9669 e: 2613-9650

[img] Text
jurnal paud undiksha.pdf

Download (358kB)
[img] Text
hasil uji plagiasi jurnal paud undiksha.pdf

Download (2MB)
[img] Text
peer review jurnal undiksha.pdf

Download (560kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/a...

Abstract

Meningkatnya perubahan demografis pada masyarakat akhir-akhir ini akan semakin meningkatkan keberagaman didalam masyarakat. Untuk itu, di perlukan peran kaum muda intelektual yang diwakili oleh mahasiswa untuk dapat memberikan sumbangsih perspektif nilai pendidikan multikultural untuk anak sejak dini agar dapat mencegah terancamnya keharmonisan hidup bermasyarakat di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa dalam menumbuhkan nilai pendidikan multikultural untuk anak usia dini yang mencakup perbedaan agama, etnis, sosialekonomi dan gender. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek diambil dengan purposive sampling sejumlah 20 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan nilai pendidikan multikultural dalam perbedaan agama, etnis, sosialekonomi dan gender dapat dilakukan dengan (1) bertukar nilai positif antar pemeluk agama, (2) dengan mengikuti kegiatan etnis yang berbeda, (3) melibatkan anak dengan kegiatan sosial dilingkungannya, (4) melalui buku cerita dan lewat kegiatan menonton film yang berisi muatan nilai kesetaraan gender. Singkatnya, penelitian ini berkesimpulan bahwa perspektif mahasiswa dalam menumbuhkan nilai pendidikan multikultural untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan melakukan interaksi dan melibatkan anak dengan kegiatan yang ada di sekeliling mereka sehingga anak akan dapat menumbuhkan nilai pendidikan multikultural di hati dan perilakunya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, pendidikan multikultural, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 19 Apr 2021 19:19
Last Modified: 19 Apr 2021 19:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6440

Actions (login required)

View Item View Item