FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI
Cahyono, Hadi (2019) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (1). pp. 1-4. ISSN ISSN 2303-3800 (Online) ISSN 2527-7049 (Print)
![]() |
Text
5. JURNAL Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
5. Plagiasi Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. PR Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan siswa sulit dalam belajar. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah
pembelajaran seharusnya siswa bisa konsentasi dan menjalani pembelajaran dengan
baik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal siswa tidak boleh mengalami
kesulitan belajar. Berawal dari hal tersebut perlu diketahui faktor-faktor kesulitan
belajar siswa. Setelah diketahui faktor-faktor kesulitan tersebut maka akan dapat
diambil rumusan penyelesainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif.
Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan
gambaran tentang kesulitan belajar siswa, tingkat pemahaman terhadap suatu mata
pelajaran (kognitif), proses pembelajaran berlangsung, pandangan atau sikap siswa
(afektif), antusiasme, dan motivasi belajar. Kajian dipusatkan pada faktor-faktor
kesulitan belajar siswa di kelas. Responden yang dipilih adalah siswa kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Janti Kecamatan Slahung. Metode pengumpulan data
dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
mengikuti pola azas penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di
MIN Janti Slahung mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. Faktor internal yaitu faktor kurangnya motivasi dari guru, kurangnya minat
mengikuti pelajaran karena kurangnya penggunaan alat peraga. Sedangkan faktor
eksternal yaitu guru masih bingung menjalankan kurikulum yang berjalan, kurangnya
buku-buku bacaan pendukung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning difficulties; students of MIN Janti |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 03:36 |
Last Modified: | 06 May 2021 02:03 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |