IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SILA KELIMA DALAM PEMBELAJARAN

LESTARI, PUJI, Sunarto, Sunarto and Cahyono, Hadi (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SILA KELIMA DALAM PEMBELAJARAN. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 7 (2). pp. 130-144. ISSN 2407-5299

[img] Text
6. JURNAL Implementasi Nilai-nilai Pancasila pada Sila Kelima dalam Pembelajaran.pdf

Download (333kB)
[img] Text
6. Plagiasi Implementasi Nilai-nilai Pancasila pada Sila Kelima dalam Pembelajaran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. PR Implementasi Nilai-nilai Pancasila pada Sila Kelima dalam Pembelajaran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial...

Abstract

Pancasila dijadikan acuan dalam dunia pendidikan sebagai dasar mengimplemntasikan pada pembelajaran. Tujuan implemntasi nilai-nilai Pancasila pada sila kelima dalam pembelajaran ini untuk mengetahui bagaimana cara implemetasi sila kelima tentang keadilan social yang adil beradap pada lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah studi pustaka proses penelitian yang mengambil dari literatur, buku, dan internet. Kemudian melakukan kegiatan telaah dari kajian yang relevan dengan pembahasan. Hasil dari pembahasan ini adalah implementasi sila kelima dalam pembelajaran ini pertama makna yang tercantum dalam setiap sila seperti saling menghargai umat beragama, memiliki budi pekerti yang baik, menjaga keutuhan bangsa, rakyat ikut serta dalam pengampilan keputusan, dan yang terakhir keadilan yang baik dan benar. Kedua implementasi nilai pancasila sila kelima dalam pembelajaran adalah berdiskusi, penerapan ekstrakulikuler, peduli antar sesama, menumbuhkan sikap nasionalisme, peduli terhadap lingkungan serta disiplin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: makna Pancasila; implementasi sila kelima; pembelajaran;
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:44
Last Modified: 06 May 2021 01:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6444

Actions (login required)

View Item View Item