PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUNGKAL

Yuliana, Erni (2021) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUNGKAL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (708kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Erni Yuliana 17340086 Penanaman karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bungkal. Skripsi Program S1 PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1. Dr. M. Fadlillah, M.Pd.I. Pembimbing 2. Dr. Muhibbudin Fadhli, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Penanaman karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bungkal. Subjek Penelitian ini adalah 72 anak usia dini pada kelas A dan B. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan, penggambaran, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius melalui program keagamaan pada anak usia dini berjalan dengan baik sesuai dengan dokumen RPPH yang berdasar kepada tiga aspek, yaitu 1. Aspek Ketuhanan, 2. Aspek sosial, dan 3. Aspek Alam. Adapun program keagamaan dalam rangka penanaman karakter religius di TK Aisyiyah Bungkal meliputi ; 1. Program shalat Dhuha berjamaah yang didalamnya memuat karakter ketuhanan, sosial dan alam. 2. Program berwudhu yang memuat karakter ketuhanan dan alam. 3. Mengaji yang didalamnya ada karakter ketuhanan dan sosial. 4. Hafalan surat pendek, do’a, hadits dan asmaul husna yang memuat karakter ketuhanan. 5. Mengucap dan menjawab salam yang mencakup aspek ketuhanan dan sosial. 6. Sedekah yang didalamnya ada karakter ketuhanan dan sosial. 7. Kebersihan diri dan lingkungan, yang mencakup karakter ketuhanan, sosial dan alam. 8. Toilet Training yang memuat karakter ketuhanan dan sosial. 9. Merapikan kelas dan APE yang didalamnya termuat aspek ketuhanan, sosial dan alam. Program keagamaan dalam rangka penanaman karakter religius di TK Aisyiyah Bungkal berjalan secara terpadu dan berkesinambungan dalam bingkai kegiatan harian dan tidak berjalan secara parsial. Pada masa pandemi, program keagamaan dilakukan melalui doa moda, yaitu moda luar jaringan dan moda dalam jaringan dengan pelibatan orang tua dalam pengawasan dan pembimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Program Keagamaan, Karakter Religius, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:37
Last Modified: 26 Apr 2021 02:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item