MODEL INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN SALAFIYAH DAN MODERN DI PONDOK PESANTREN SULAMUL HUDA SIWALAN PONOROGO

Prianto, Didik (2021) MODEL INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN SALAFIYAH DAN MODERN DI PONDOK PESANTREN SULAMUL HUDA SIWALAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a Hal depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prianto, Didik. 2020. Model Integrasi Sistem Pendidikan Salafiyah dan Modern di Pondok Pesantren Sulamul Huda Siwalan Ponorogo. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I), Dr. Nurul Iman, Lc.,M.H.I (II) Rohmadi,M.P.I Kata Kunci: Model Integrasi, Pendidikan Salafiyah, Pendidikan Modern, Sistem Pendidikan. Sistem pendidikan merupakan salah satu sistem yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berbicara tentang sistem pendidikan, maka pendidikan pondok pesantren merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan yang berdiri sendiri sebagai lembaga pendidikan Islam dan dakwah Islam dalam mewujudkan umat Islam yang berbudaya dan juga berdaya. Maka dari itu model pendidikan menjadi tolak ukur dalam menghasilkan lulusan sesuai dari tujuan pendidikan yang disusun. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu tentang Bagaimana Sistem Pendidikan Salafiyah di Pondok Pesantren Sulamul Huda, Sistem Pendidikan Modern di Pondok Pesantren Sulamul Huda dan model integrasi sistem Pendidikan Modern dan Salafiyah di Pondok Pesantren Sulamul Huda.Tujuan penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Sulamul Huda adalah untuk mendiskripsikan Sistem Pendidikan Salafiyah Pondok Pesantren Sulamul Huda, sistem Pendidikan Modern Pondok Pesantren Sulamul Huda dan model Integrasi Sistem Pendidikan Salafiyah dan Modern Pondok Pesantren Sulamul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memnggunakan sumber data primer dan data sekunder. teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang diambil dari objek yang ada di Pondok Pesantren Sulamul Huda. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Pendidikan Salafiyah di Pondok Pesantren Sulamul Huda menggunakan model pembelajaran sorogan dalam pembelajaran hafalan Mahfudzhot, hafalan Hadits, membaca Al-Quran dan bandongan dalam pembelajaran apapun. Sistem Pendidikan Modern Pondok Pesantren Sulamul Huda menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dengan peggunaan bahasa secara bergantian serta menyediankan sekolah formal seperti MI, MTs, MA ataupun SMK. Model Integrasi Sistem Pendidikan Salafiyah dan Modern Pondok Pesantren Sulamul Huda diterapkan dengan penggunaan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam pembelajaran baik formal maupun ekstrakurikuler serta menyediakan pelatihan broadcasting dan ketrampilan bekam untuk santri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Integrasi, Pendidikan Salafiyah, Pendidikan Modern, Sistem Pendidikan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:15
Last Modified: 30 Apr 2021 02:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item