OBYEKTIFITAS PEMBERITAAN KASUS DUGAAN KAMPANYE TERSELUBUNG DI SOAL UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN 2014 (Studi Analisis Isi Kutipan Biografi Jokowi Dalam Soal Ujian Nasional 2014 di Media Online republika.co.id dan beritasatu.com edisi tanggal 14 April – 4 Mei 2014)

NURINA HIDAYAH, MARETA (2014) OBYEKTIFITAS PEMBERITAAN KASUS DUGAAN KAMPANYE TERSELUBUNG DI SOAL UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN 2014 (Studi Analisis Isi Kutipan Biografi Jokowi Dalam Soal Ujian Nasional 2014 di Media Online republika.co.id dan beritasatu.com edisi tanggal 14 April – 4 Mei 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (564kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui obyektivitas berita pada media online republika.co.id dan beritasatu.com dalam pemberitaan kasus dugaan kampanye terselubung Jokowi di soal Ujian Nasional tingkat menengah atas. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah komunikasi massa, pengertian jurnalistik online dan new media (second media age), pengertian berita, black campaign. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, yang menggunakan analisis isi, yang mana peneliti memakai konsep obyektivitas Westershall agar memudahkan peneliti dalam memberikan kategori serta unit analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh berita mengenai dugaan kasus kampanye terselubung Jokowi di soal Ujian Nasional yang telah di upload oleh republika.co.id dan beritasatu.com pada tanggal 14 April – 4 Mei 2014 yang berjumlah tiga puluh tujuh artikel berita. Hasil dari penelitian ini adalah obyektif, karena dilihat dari beberapa unit analisis yang diturunkan dari konsep obyektivitas Westershall dan diujikan pada dua coder. Coder 1 dan coder 2 menunjukkan reliabilitas dengan baik. Dan bisa disimpulkan bahwa kedua media online republika.co.id dan beritasatu.com memliki pemeberitaan obyektif pada kasus dugaan kampanye terselubung Jokowi di soal Ujian Nasional. Kata kunci : analisis isi, obyektivitas konsep Westershall, kampanye terselubung, Jokowi, Ujian Nasional, republika.co.id, beritasatu.com.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 09 Dec 2014 03:30
Last Modified: 09 Dec 2014 03:30
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item