EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS 1 Al-BAYAN SDMT PONOROGO

Maulana, Hendra (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS 1 Al-BAYAN SDMT PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

Abstract

Hendra Maulana, 2021. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Online Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas 1 Al-Bayan SDMT Ponorogo. Skripsi Program S1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Nuraini, M. Pd.I (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci : Efektifitas, Media Online, Hasil Belajar SDMT Ponorogo merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang menerapkan pembelajaran menggunakan media online di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Pembelajaran online juga merupakan langkah alternatif dalam mengikuti perkembangan zaman serta mengurangi penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran menggunakan media online serta keefektifan penerapan pembelajaran menggunakan media online terhadap hasil belajar siswa di kelas 1 Al-Bayan SDMT Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan mengambil data hasil belajar siswa di kelas 1 Al-Bayan SDMT Ponorogo sebagai objek penelitian, Alat untuk pengolahan data menggunakan Software SPSS 17.0, sedangkan analisis data menggunakan uji Normalitas, serta untuk uji Hipotesis menggunakan uji Paired Sample Test. Hasil penelitian yang peneliti temukan adalah sebagai berikut: (1) data yang diperoleh dari kedua kelompok yaitu kelompok pre-test dan kelompok post-test masuk dalam kategori “baik”. Dengan jumlah persentase diambil dari responden terbanyak adalah sebanyak 57,1% dari pre-test dan 60,7% dari postest. (2) nilai signifikansi dari output Paired Sample Test sig. (2-tailed), adalah sebesar 0,042 < 0,05 maka sebagaimana dalam dasar pengambilan kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelompok pre-test dan kelompok post-test.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Online, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:36
Last Modified: 30 Apr 2021 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item