PENGARUH SHALAT DHUHA BERJAMAAH TERHADAP KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA KELAS VI SD ISLAM ARRISALAH GUNDIK SLAHUNG PONOROGO 2020/2021

Bayu Pratama Putra, Ihsanto (2021) PENGARUH SHALAT DHUHA BERJAMAAH TERHADAP KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA KELAS VI SD ISLAM ARRISALAH GUNDIK SLAHUNG PONOROGO 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan Bayu.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (815kB)

Abstract

Putra, Ihsanto Bayu Pratama, 2020. Pengaruh Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa Kelas VI SD Islam Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo 2020/2021 Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Nuraini, M.Pd.I dan Anip Dwi Saputro, M.Pd. Kata kunci: Shalat Dhuha Berjamaah, Karakter, Kedisiplinan Pendidikan agama Islam tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama atau mengembangkan intelek anak saja, akan tetapi islam juga memberikan pendidikan mulai latihan-latihan amaliyah sehari-hari yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Shalat merupakan hal yang sangat utama yang ditekankan di Pondok Modern Arisalah, karena shalat merupakan kunci dari segala amal perbuatan manusia, kalau shalatnya baik maka pribadinya baik juga. Di Sekolah Dasar Islam Arrisalah anak-anak diharuskan untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah setiap hari yang dikontrol oleh guru-guru. Dengan dirutinkannya shalat dhuha berjamaah ini maka para siswa mulai tertata kedisiplinannya. Mereka mulai bisa belajar membagai waktu datang tepat waktu, dan ketika mereka terlambat atau absen ketika shalat dhuha, maka mereka akan dikenai sanksi, dan dari sinilah mereka belajar bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata cara shalat dhuha berjamaah di Sekolah Dasar Islam Arrisalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh shalat dhuha berjamaah terhadap karakter kedisiplinan siswa kelas VI SD Islam Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Dengan melakukan observasi, dokumentasi dan pengajuan angket. sehingga hasil penelitian akan menggambarkan secara realita dan sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan dan memberikan kejelasaan tentang pengaruh shalat dhuha berjamaah di Sekolah Dasar Islam Arrisalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI Sekolah Dasar Islam Arissalah Ponorogo memiliki tingkat pelaksanaan shalat dhuha kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara shalat dhuha dengan krakter kedisiplinan. Hal ini dilihat dari nilai konstanta sebesar 9,053 dan nilai koefisien regresi sebesar 1,211 dengan persamaan regresi liniernya yaitu Y = 9,053 + 1,211X. Untuk mengetahui besar pengaruh shalat dhuha terhadap karakter kedisiplinan siswa menggunakan koefisien determinasi diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 49,8% sedangkan 50,2% variabel karakter kedisiplinan dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian yang belum diungkap.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha Berjamaah, Karakter, Kedisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:43
Last Modified: 30 Apr 2021 03:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item