PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG PENGGUNAAN PENYEDAP RASA MONOSODIUM GLUTAMAT (MSG) Di Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

URVA NURLAELLY, FAUZIA (2014) PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG PENGGUNAAN PENYEDAP RASA MONOSODIUM GLUTAMAT (MSG) Di Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pada saat ini penyedap rasa sudah umum digunakan dalam memasak, terutama ibu rumah tangga. Seringkali ibu rumah tangga ingin mempercepat proses memasaknya dengan cara yang instans, yang terpenting bagi mereka adalah cita rasa yang lezat untuk dihidangkan dalam setiap masakannya. Dosis penggunaannya pun juga tidak mereka pikirkan. Dengan ketidaksesuaian dosis pemberian pada makanan akan mengakibatkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Tentang Penggunaan Penyedap Rasa Monosodium Glutamat (MSG) di desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga di RT 20, 21, dan 22 Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun sejumlah 122 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Besar sampel sejumlah 37 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang berisi tentang pengetahuan ibu rumah tangga tentang penggunaan penyedap rasa MSG. Hasil penelitian 37 responden, didapatkan bahwa ibu rumah tangga yang berpengetahuan baik tentang penggunaan MSG sebanyak 22 reponden (60%) mempunyai pengetahuan kurang, 9 responden (35%) mempunyai pengetahuan cukup, dan 2 reponden (5%) mempunyai pengetahuan baik. Faktor yang mempengaruhi antara lain tingkat pendidikan, pekerjaan, informasi yang diperoleh, dan juga penghasilan. Dampak penggunaan MSG yang berlebihan akan menimbulkan gangguan kesehatan antara lain gangguan pada lambung, mual muntah, reaksi alergi, kanker, dan penurunan kecerdasan. Diharapkan ibu rumah tangga harus memahami dosis MSG yang diberikan dalam setiap masakannya. Hasil penelitian ini drekomendasikan untuk peneliti selanjutnya dan diharapkan untuk lebih melengkapi dan bisa mengobservasi secara lansung tentang Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Tentang Penggunaan Penyedap Rasa Monosodium Glutamat (MSG), sehingga penelitian ini benar-benar akurat. Kata kunci : Pengetahuan, Ibu Rumah Tangga, Penggunaan Penyedap Rasa, Monosodium Glutamat (MSG).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 13 Dec 2014 03:04
Last Modified: 13 Dec 2014 03:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item