ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018)

UTAMI, PRIHMA SINTA (2019) ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018). Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (1). pp. 10-17. ISSN Print ISSN: 2302-433X Online ISSN : 2579-5740

[img] Text
3. ARTIKEL ANALISIS INTERNALISASI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. HASIL PLAGIASI ANALISIS INTERNALISASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. PEER REVIEW ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf

Download (891kB)
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenshi...

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan hasil penelitian tentang analisis pelaksanaan pendidikan multikultural pada pembelajaran di Perguruan Tinggi study kasus pada prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya internalisasi pendidikan multikultural melalui 5 dimensi James A.Banks, yaitu: 1) Content Integration nampak pada integrasi budaya melalui sebaran mata kuliah, 2) Knowladge Construction melalui pemahaman kebudayaan nusantara melalui kegiatan observasi lapangan terkait satu budaya tertentu, 3) An Equity Pedagogy nampak pada keterlibatan mahasiswa dalam pembuatan history project , 4) Prejudice Reduction meminimalisir sikap rasis mahasiswa melalui penerapan metode diskusi aktif, 5) An Empowering School Culture tergambar pada kegiatan akademis melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan seminar, lomba kebangsaan serta kegiatan sosial di kampus atau diluar kampus untuk non akademis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, Rasisme, Kebudayaan, Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 18 May 2021 03:40
Last Modified: 18 May 2021 03:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item