UTAMI, PRIHMA SINTA (2019) ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018). Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (1). pp. 10-17. ISSN Print ISSN: 2302-433X Online ISSN : 2579-5740
Text
3. ARTIKEL ANALISIS INTERNALISASI.pdf Download (287kB) |
|
Text
3. HASIL PLAGIASI ANALISIS INTERNALISASI.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. PEER REVIEW ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf Download (891kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan hasil penelitian tentang analisis pelaksanaan pendidikan multikultural pada pembelajaran di Perguruan Tinggi study kasus pada prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya internalisasi pendidikan multikultural melalui 5 dimensi James A.Banks, yaitu: 1) Content Integration nampak pada integrasi budaya melalui sebaran mata kuliah, 2) Knowladge Construction melalui pemahaman kebudayaan nusantara melalui kegiatan observasi lapangan terkait satu budaya tertentu, 3) An Equity Pedagogy nampak pada keterlibatan mahasiswa dalam pembuatan history project , 4) Prejudice Reduction meminimalisir sikap rasis mahasiswa melalui penerapan metode diskusi aktif, 5) An Empowering School Culture tergambar pada kegiatan akademis melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan seminar, lomba kebangsaan serta kegiatan sosial di kampus atau diluar kampus untuk non akademis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan multikultural, Rasisme, Kebudayaan, Perguruan Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 18 May 2021 03:40 |
Last Modified: | 18 May 2021 03:40 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6497 |
Actions (login required)
View Item |