IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA BOPONG GROGOL PONOROGO

Astervinia, Zahra (2022) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA BOPONG GROGOL PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Halaman Depan)
PENDAHULUAN FIKS 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I FIKS.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB II FIKS.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB III FIKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV FIKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V FIKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (932kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zahra AsterviniaQolby, 2022.Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bopong Grogol Ponorogo. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kata Kunci:Pembelajaran Al-Qur’an, MetodeWafa, PrestasiBelajar. Pembelajaran Al-Qur’an kini menjadi focus utama dalam pendidikan Agama Islam. Dan islam mengisyaratkan perlunya pendidikan karakter dimulai sejak dalam kandungan hingga iaakil baligh. Pembelajaran Al-Qur’an termasuk salah satu factor yang menentukan pembentukan karakteristik serta kepribadian peserta didik. Materi pelajaran Al-Qur’an yang diberikan pada setiap madrasah diharapkan mampu memberikan motivasi, bimbingan, nasihat, dan penghayatan terhadap apa saja isi yang terkandung dalam Al-Qur’an. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Wafa, factor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an, serta dampak hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan cara menggunakan alur reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik cek keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi data dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bopong Grogol Ponorogo sangat baik karena setiap tahunnya jumlah siswa semakin meningkat. 2.) Dampak dari implementasi bacaan Al-Qur’an menggunakan metode wafa yakni anak-anak semakin semangat karena dalam berproses dirasa cukup menyenangkan atau tidak membuat bosan dan jenuh. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi bacaan Al-Qur’an dengan menggunakan metode wafa ini sangatlah beragam. Untuk factor pendukung ialah wali murid serta masyarakat sudah sangat memberikan nilai plus atas prestasi di MI Nurul Huda, kemudian penghambat kurangnya bekal beberapa siswa dalam pengetahuan mengaji al-qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bopong Grogol Ponorogo
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:23
Last Modified: 27 Apr 2022 03:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item