INTEGRASI ALGORITMA FISHER-YATES SEBAGAI PENGEMBANGAN E-LEARNING DI UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI

Nanda Arditya, Karisma (2021) INTEGRASI ALGORITMA FISHER-YATES SEBAGAI PENGEMBANGAN E-LEARNING DI UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
karisma bab 1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
karisma bab 2.pdf

Download (331kB)
[img] Text
karisma bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
karisma bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
karisma bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
karisma daftar pustaka.pdf

Download (643kB)

Abstract

E-learning saat ini sangat penting dan menjadi keharusan bagi lembaga pendidikan. Banyak platform aplikasi e-learning berbasis Learning Management System (LMS) yang bisa digunakan oleh sekolah baik yang open source, berbayar atau membangun sendiri aplikasi. Banyak pertimbangan yang harus di hadapi ketika akan memutuskan untuk menggunakan aplikasi e-learning berbasis (LMS) diantaranya kesiapan infrastruktur, biaya dan kesesuaian aplikasi dengna konsep e-learning yang diinginkan lembaga pendidikan. Ketersedian fitur dalam sistem e- learning merupakan salah satu yang harus disesuaikan dengan konsep e-learning yang akan dipilih. Setiap lembaga mungkin bisa menentukan karakter tersendiri yang bisa jadi spesifik dan belum sepenuhnya terakomodir dalam aplikasi e- learning yang saat ini ada. Salah satunya yaitu fitur untuk mengacak soal ujian unutk memastikan setiap siswa mendapat soal yang berbeda dengan komposisi yang sama. Permasalah itu dalam penelitian ini akan dicoba jawab dengan mengintegrasikan algoritnya fisher-yates shuffel. Integrasi algoritma ini akan dinilai keberhasilannya dengan melakukan simulasi ujian dengan melibatkan dua kelas dan dilihat bagaimana asistem akan membagi secara acak soal ujian ke masingmasing siswa. Penilaian pertama berupa kesesuaian komposisi soal dan kemiripan soal antar siwa, semakin sedikit siswa menrima soal yang sama tampil di soal ujiannya semakin baik kinerja sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: e-learning, Learning management sistem, Fisher-yates shuffle
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:47
Last Modified: 21 Jun 2021 03:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item